Monday, October 31, 2016

GET A BETTER NEW EXPERIENCE WITH CATFIZ MESSENGER - APLIKASI MESSENGER TERBAIK KARYA ANAK BANGSA

Monday, October 31, 2016


 
I’m so proud to write this post for you all guys. Because today I’m going to introduce and share to you about a messenger application from my country, Indonesia. I hereby bring to you, Catfiz Messenger!

Catfiz Messenger is a messenger application based for Android that provides a lot of great features, even better than any other messenger applications. For its lightweight in size, Fizzlink feature which allows you to send any attachments up till 500 MB, bigger group until 2000 members, and many more!

Are you interesting with this? I don’t have any hesitation to introduce Catfiz Messenger to you since this application is getting bigger here. You could download Catfiz Messenger on Play Store and coming soon on Apps Store too. Fret not, here I write my review and experience using this awesome application. I’ll write it in Bahasa so please use the translate button to read in other language. Happy reading, fellas!
And don’t forget to add my Catfiz account or let me know yours on the comment box below. I include my Catfiz NIC and username on the end of this post, so make sure that you keep scrolling down.


***


Pernah tidak kalian mengalami kejadian di mana smartphone yang kalian pakai tiba-tiba menjadi lemot? Kalau saya sih, sering. Salah satu penyebabnya adalah memori internal yang terlalu penuh. Padahal saya sama sekali tidak menginstal aplikasi games tapi internal storage selalu penuh sehingga mengurangi kecepatan kinerjanya. Selidik punya selidik, ternyata aplikasi pengirim pesan atau chatting lah yang memakan banyak memori di dalam ponsel saya!

Yep, jaman sekarang rasanya tidak kekinian kalau tidak pakai aplikasi messenger untuk bertukar kabar dengan teman lain. Ada banyak pilihan aplikasi messenger yang bisa digunakan. Mulai dari WhatsApp, BBM, Line, KakaoTalk, dan masih banyak lagi.
Suka atau enggak, penggunaan aplikasi messenger yang telah menjadi lifestyle ini sebenarnya menimbulkan masalah tersendiri bagi pengguna smartphone. Komunikasi sih, berjalan lancar jaya, tapi ponsel pun menjadi sering lemot karena besarnya memori internal yang terpakai. Parahnya, di dalam satu smartphone biasanya ada lebih dari satu aplikasi messenger yang diinstal. Saya sendiri menginstal empat sekaligus. Bisa dibayangkan dong, internal storage menjadi penuh sesak?
Saya sempat berpikir untuk beralih ke cara jadul saja yaitu dengan SMS. Tapiii... nanti malah tidak bisa mengirim file? Waduh! Padahal fitur attach files adalah alasan terbesar saya memakai aplikasi messenger. Ditambah adanya group chat yang memungkinkan saya bergabung dengan grup sesama beauty blogger, teman SMA hingga keluarga besar dari luar kota. Rasanya tidak mungkin bagi saya untuk meninggalkan chat messenger.

Untungnya ada aplikasi messenger gratis yang berukuran sangat ringan, hanya 6,1 MB namun memiliki fitur-fitur hebat yang bahkan lebih baik dari aplikasi messenger terkenal lainnya!
Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu saya iseng browsing di Play Store untuk mencari live wallpaper, hingga akhirnya menemukan satu aplikasi messenger yang menarik untuk di-download. Rate-nya sangat bagus dengan banyak bintang 5. Testimoni penggunanya juga rata-rata sangat puas dengan aplikasi ini. Dan yang membuat saya cukup surprised adalah chat messenger ini ternyata dibuat oleh anak negeri alias asli Indonesia! Inilah Catfiz Messenger!




NAME:
CATFIZ

ORIGIN:
INDONESIA

VERSION:
2.2

TYPE:
ANDROID CHAT MESSENGER

PRICE:
FREE

WHERE TO DOWNLOAD:
GOOGLE PLAY STORE




TENTANG CATFIZ MESSENGER

Catfiz adalah aplikasi pengirim pesan dan chat berbasis Android yang berasal dari Indonesia. Aplikasi messenger Catfiz dibuat oleh tim hebat dari Surabaya yang menamakan diri sebagai Tiger Team. Catfiz Messenger diluncurkan pada akhir tahun 2011 dan mulai bisa di-download di Play Store tahun 2012.
Pemilihan nama Catfiz sendiri memang diambil dari kata “catfish” yang artinya adalah ikan lele. Yes, ikan berkumis yang selalu membuat saya geli kalau melihatnya ada di got atau di mana saja yang airnya sedikit. Tapi berubah menjadi makanan lezat kalau digoreng crispy. Eh, tapi bukan itu yang menjadi filosofi para founder Catfiz.
Catfish” atau ikan lele dikenal sebagai makhluk yang mudah beradaptasi dan berkembang biak di segala kondisi lingkungan. Selain itu “catfish” juga mudah disukai banyak orang. Alasan inilah yang membuat para founder memilih nama Catfiz, dengan harapan agar aplikasi messenger Catfiz bisa terus berkembang dan mendunia.


KENAPA MEMILIH CATFIZ MESSENGER?

Kalau bagi orang Indonesia, ya karena Catfiz adalah aplikasi karya anak bangsa. Kita harus bangga dan mendukung karya anak bangsa dong, dengan ikut menggunakan dan mempromosikannya. Namun saya juga punya alasan lain kenapa Catfiz Messenger lebih baik dari aplikasi messenger lain.


Credit : https://www.catfiz.com/


  1. Private and Safe
Kita tidak perlu bertukar nomor telepon untuk mengobrol dengan sesama pengguna Catfiz, jadi lebih aman dan meminimalkan user yang suka iseng. Sistemnya hampir sama seperti BBM yang menggunakan PIN untuk add user lain. Di Catfiz jika kita ingin mengirim chat, kita terlebih dulu harus add user tersebut menggunakan NIC (Nomor Identifikasi Catfiz). Nah, kelebihan aplikasi messenger Catfiz versi terbaru adalah adanya username yang bisa kita buat sendiri saat registrasi awal. Pemberian username memudahkan kita untuk saling add karena kita tidak harus menghapal NIC yang rumit dan susah diingat. Selain itu, bisa juga melakukan add dengan scanning QR Code user lain.
Ada juga fitur unfriend dan block. Di mana kalau ada user lain yang sekiranya mengganggu, bisa kita block agar kita tidak menerima message dari user tersebut. Atau bisa juga dengan melakukan unfriend, yaitu menghapus user tersebut dari friend list kita.

  1. Large File Sharing
Keunggulan Catfiz dibandingkan aplikasi messenger lain adalah Catfiz memungkinkan kita untuk mengirim file dalam bentuk apapun, baik itu berupa image, audio, video, dan file lainnya hingga 500 MB. Wow!


Credit : https://www.catfiz.com/

  1.  Connect Better
Salah satu fitur yang saya sukai dari aplikasi messenger adalah group chat. Di Catfiz kita bisa bergabung atau membuat group chat yang anggotanya mencapai hingga 2000 member lho. Aplikasi lain sih, kalah jauh!
Yang punya komunitas atau online shop jelas harus mulai beralih ke Catfiz Messenger, ya. Dengan kemampuan menampung member sebanyak itu ke dalam group chat, pasti berguna sekali untuk yang punya usaha jualan atau yang komunitasnya punya banyak anggota.

  1. Dedicated Support
Aplikasi messenger Catfiz  pun menyediakan Catfiz Support yang selalu siap untuk membantu pengguna yang memiliki pertanyaan maupun mengalami  masalah pada akunnya.
Silahkan add akun Catfiz Support di @catfizsupport dari akun Catfiz kalian atau melalui email support@catfiz.com


PENGALAMANKU MENGGUNAKAN CATFIZ

  1. Registrasi Mudah dan Cepat
Untuk membuat akun Catfiz, prosesnya sangat simpel dan cepat. Siapapun bisa lah. Tinggal download aplikasinya yang berukuran 6,1 MB secara gratis di Play Store. Setelah sukses dan terinstal, tinggal buka aplikasi lalu ikuti petunjuknya. Mudah dan enggak pakai ribet. Silahkan lihat screenshots saat saya registrasi di aplikasi messenger Catfiz.



Yang paling awal adalah memasukkan nomor telepon kita. Tenang saja, nomor ini sifatnya private alias tidak akan dipublikasikan ke user lain. Setelah memasukkan nomor telepon, kita akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi untuk mengaktifkan akun Catfiz. Kodenya akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang kita masukkan tadi. Prosesnya cepat, tidak sampai dua menit. Setelah kode terverifikasi dan membuat username, akun kita langsung bisa digunakan.
Jangan lupa untuk menuju pengaturan akun dan melakukan verifikasi email. Ini tidak wajib sih, tapi tetap penting. Kenapa? Untuk berjaga-jaga jika nomor yang kita miliki hilang, kita masih tetap bisa sign in akun Catfiz menggunakan email. Jadi tidak perlu membuat akun baru.

  1. Tampilan dengan Tema User Friendly
Tampilan Catfiz Messenger versi 2.2 didominasi warna merah *I wish they make it in pink tho’ hehe* Tampilan Catfiz simpel dan mudah untuk digunakan, tidak membuat user-nya bingung dengan banyak menu.



Ada empat menu utama yang terdiri dari Updates, Chats, Groups, dan Friends. Pengaturan profil dan akun kita ada di bagian pojok kanan atas. Silahkan lihat gambar untuk lebih jelasnya.

  1. Fitur Chat Catfiz yang Fun

Fizzlink
Seperti yang sudah tertulis di atas, Catfiz memiliki keunggulan file sharing hingga 500 MB. Dan salah satu yang mendukung hal tersebut adalah fitur unik bernama Fizzlink. Dengan fitur ini kita bisa upload file yang kita inginkan untuk dikirim ke user lain maupun ke grup.
Fizzlink ini berbeda dari fitur attach file yang ada di dalam chat. Fitur attach di dalam chat hanya bisa mengirimkan attachments ke satu orang user saja, yaitu user yang kita ajak ngobrol. Nah, Fizzlink ini berbeda. File yang telah di-upload ke dalam Fizzlink bisa kita share ke siapa saja, baik user maupun grup dan bisa di-share berulang kali tanpa harus upload file-nya lagi. File sharing menjadi lebih cepat dan mudah.

Like dan Status Comment
Yang satu ini belum dimiliki aplikasi messenger lain, yaitu like dan status comment. Kita bisa like hingga mengomentari status dan profile picture teman kita seperti yang biasanya kita lakukan di Facebook. So fun!

BLITZ!
Jika di BBM kita mengenal Ping, maka di aplikasi messenger Catfiz menggunakan istilah BLITZ! Ini yang suka alay saat chatting, bisa pakai BLITZ! kalau chat kalian cuma dibaca saja dan tak kunjung dibalas dalam hitungan tiga menit. BLITZ! BLITZ! BLITZ!




Sticker
Chatting tanpa menyisipkan sticker rasanya kurang lengkap, yes. Untuk mendukung chat Catfiz, ada stiker yang enggak kalah lucu dan unyu dari aplikasi messenger lain. Karakter sticker Catfiz bernama Tirta dan Agni. Kalau diterjemahkan artinya Air dan Api. Pantes ya, si Agni rambutnya merah membara!
Dua karakter ini tidak kalah cute kalau dibandingkan sama Brown, Sally dan kawan-kawannya. Saat ini baru ada tiga kategori untuk sticker Tirta dan Agni. Sticker Store-nya masih coming soon. Semoga cepat dirilis deh.


KESIMPULAN

Saya baca-baca review di internet, yang kebanyakan ditulis sekitar tahun 2012, masih banyak keluhan tentang loading aplikasi yang lama, chat yang susah terkirim dan lain-lain. Saya rasa tim Catfiz sudah banyak berbenah hingga saat ini karena masalah-masalah yang banyak dikeluhkan para user tersebut tidak ada satu pun yang saya alami. Persis seperti tagline yang diusung Catfiz Messenger versi 2.2 “better design, better features, better everything.”

So far, tidak ada masalah yang saya alami saat ber-Catfiz ria dengan teman-teman. Chatting, update status, dan pengiriman file tetap lancar dan menyenangkan, bahkan saat kecepatan akses internet diturunkan karena kuota habis, hehe...
Ukuran aplikasinya yang sangat ringan namun dengan banyak fitur keren membuat pengalaman chatting menjadi lebih menyenangkan. Fitur chat Catfiz berupa Fizzlink dan Status Comment benar-benar membawa suatu pengalaman baru yang lebih menyenangkan bagi saya, karena fitur-fitur tersebut belum pernah saya dapatkan di aplikasi messenger lainnya.

Saya masih berharap pengguna Catfiz, khususnya di Indonesia bertambah semakin banyak. Aplikasi ini sangat bagus dan memiliki banyak kelebihan dibanding pesaingnya yang dari luar negeri. Hanya saja Catfiz masih belum sepopuler mereka. Nah, ini PR untuk kita sebagai orang Indonesia yang katanya bangga dengan karya anak bangsa. Bangga itu bukan hanya download saja, tapi juga harus pakai dan promosi ke sebanyak-banyaknya orang. Bisa dimulai dari keluarga, teman dekat kemudian meluas ke satu kampus atau kantor tempat kerja dan komunitas yang kita ikuti.
Semoga Catfiz Messenger tidak stuck di sini saja. Saya harap semakin banyak inovasi dan fitur-fitur menarik yang ada di dalam Catfiz Messenger.

Recommended? YESS!!!

Download aplikasi messenger Catfiz di Google Play Store, dijamin gratis. Tidak menguras kuota dan makan tempat banyak di memori internal karena ukuran aplikasinya hanya 6,1 MB. Jangan lupa untuk memberi rate 5 bintang setelah download.

Untuk tahu lebih banyak tentang Catfiz Messenger dan bergabung dengan user lain pengguna Catfiz, go to these sites:

Website : www.catfiz.com
Facebook : catfiz
Twitter : @catfizID
Instagram : catfizmessenger


Feel free to add my Catfiz account here:


Username : @saycintya
NIC : 8816A69A8A



“Berpartisipasi dalam Lomba Nulis Artikel Catfiz Messenger”





THANK YOU FOR READING AND SEE YOU ON MY NEXT POST!
HAVE A GREAT DAY!



Instagram   ׀׀   Facebook   ׀׀   Bloglovin   ׀׀   Google+

15 comments:

  1. Dear, thank you for visti on my blog, I'm following you back :)

    ReplyDelete
  2. I new saw your blog.
    And I'm following you :)
    I'm waiting on my blog.♥
    My blog have a translate :)
    www.benrujumvealligim.biz

    ReplyDelete
  3. so interesting post!
    I just followed you and I hope that you give me follow back
    xoxoox have a nice day


    http://justemsi.blogspot.com/2016/10/pastels-jacket-boyfriend-jeans-style.html

    ReplyDelete
  4. Personally currently I use Whatsapp messenger and generally I'm pleased with that app, which is also free. But this catfiz sounds really interesting, I'll keep it in mind :)

    http://crafty-zone.blogspot.com/

    http://crafty-zone.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. I also use Whatsaap too, Ivonne^^ But lately found Catfiz and I'm pleased too with this. I hope you could tell me your username when you use Catfiz:)
      Thank you for stopping by^^

      Delete
  5. This app looks great! Thank you for sharing :))

    https://ddalginanabeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Wow, thanks for sharing as I never heard before about this app!
    xx from Bavaria/Germany, Rena
    www.dressedwithsoul.com

    ReplyDelete
  7. Baru tahu lho kalo ternyata Catfiz yang bikin orang Indo, keren pol :) Btw, I always amazed everytime I read your blog post Cintya, keep it up! I hope you are going to win the competition! :)

    xoxo,

    |CHELSHEAFLO BLOG|
    |INSTAGRAM|

    ReplyDelete
    Replies
    1. I was like WOW too, Chel. Apalagi Indonesia nya di Surabaya:D
      I hope too..^^

      Delete

Feel free to comment because I do love reading every comment of yours. But please, do not spam;)
Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy it^^

SAYCINTYA Beauty & Fashion Blog © 2014